Tumbuhan dan Hewan

Tumbuhan
Manusia dapat hidup sehat karena tumbuhan. Tumbuhan dapat membuat udara bersih. Udara yang bersih sangat kita perlukan. Udara menjadi segar, badan pun menjadi lebih sehat. Alam Indonesia terkenal sebagai negara yang subur dan makmur. Sebagai warga negara Indonesia kita bangga karena mempunyai negara yang subur dan makmur. Tanahnya baik untuk ditanami berbagai jenis tanaman, yaitu :

1. Tanaman pertanian
Lahan pertanian yang luas dan subur dapat ditanami tanaman pangan, seperti padi, jagung, sagu, kedelai dan sayuran. Jenis tanaman ini biasanya ditanam di daerah dataran rendah.

2. Tanaman Perkebunan
Tanaman perkebunan antara lain berupa karet, teh, kopi, tembakau, kelapa sawit, cengkeh, lada dan cokelat. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah pegunungan.

3. Tanaman Kehutanan
Indonesia termasuk negara yang memiliki hutan yang sangat luas. Keberadaan hutan sangat penting bagi kelestarian lingkungan karena dapat mencegah erosi, banjir dan sebagai tempat hidup hewan. Hasil hutan antara lain adalah kayu, rotan, bambu, damar dan getah.


Hewan
Jenis hewan di indonesia merupakan peralihan antara Asia dan Australia. Oleh karena itu, jenis hewan di indonesia sangat banyak dan beragam. Hewan tersebut ada yang besar dan ada yang kecil.  Ada yang masih liar dan ada pula yang sudah jinak. Hewan yang masih liar biasanya hidup di semak-semak, sawah dan hutan.
Hewan yang sudah jinak biasanya dipelihara dan dapat dijadikan hewan ternak seperti kerbau, sapi, kambing, kelinci, kuda dan hewan unggas. Hewan di Indonesia yang hidup secara liar digolongkan menjadi tiga macam, yaitu :
1. Bagian Barat (tipe Asia) misalnya gajah, harimau, banteng, badak dan orang utan.
2. Bagian Timur (tipe peralihan) misalnya burung cendrawasih, kakak tua dan kasuari.
3. Bagian Tengah (tipe Australia) misalnya tapir, komodo, babi dan rusa.
Indonesia juga kaya akan jenis hewan air. Hewan tersebut hidup di sungai, laut, danau dan rawa-rawa. Hewan air yang banyak ditangkap adalah ikan, udang, kepiting, kerang, cumi-cumi dan lain-lain.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

NIKMAT ROHANI

NIKMAT JASMANI

Jazirah Arab