Kota-kota Penting Di Jazirah Arab

1. Mekkah Al Mukarramah

         Mekkah Al Mukarramah berarti kota Mekkah yang dimuliakan. Di kota ini terdapat Mesjidil Haram dan Ka'bah yang menjadi pusat kegiatan ibadah haji sejak zaman Nabi Ibrahim AS sampai hari kiamat. Dan di kota ini juga Nabi Muhammad SAW lahir dan dibesarkan. Dan di kota ini juga terdapat tempat-tempat penting, antara lain Gua Hira (tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama kali), Gua Tsur (tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar sebelum hijrah ke Madinah) dan Jabal Rahmah (tempat pertemuan Nabi Adam AS dan Hawa).

2. Madinah

         Sebelum islam datang kota Madinah disebut Yasrib. Madinah adalah kota tempat tujuan hijrah Nabi Muhammad SAW dan menjadi pusat pemerintahan Islam.Setelah peristiwa hijrah kota Madinah disebut Madinah Al Munawwarah yang artinya kota yang bercahaya.  Di kota ini terdapat tempat-tempat bersejarah, antara lain Mesjid Nabawi (tempat dimakamkannya Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar As siddiq, dan Umar Bin Khattab), Mesjid Quba (mesjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW) dan Jabal Uhud (tempat terjadinya perang uhud).

3. Thaif

         Kota Thaif terletak di sebelah tenggara kota Mekkah dengan jarak 65 km. Kota ini mempunyai nilai sejarah karena Nabi Muhammad SAW dicemooh dan dilempari batu ketika berdakwah di sana. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NIKMAT ROHANI

NIKMAT JASMANI

Jazirah Arab